Senin, 14 Maret 2011

GENDER DAN EMANSIPASI WANITA

Gender merupakan satu diantara sejumlah wacana kontemporer yang cukup menyita perhatian banyak kalangan, mulai remaja, kalangan aktivis pergerakan, akademisi dan mahasiswa hingga pemerintah dan agamawan.
Pada dasarnya gender merupakan suatu konsepsi barat tentang wanita yang dimasa lalu mempunyai kedudukan rendah. Wanita yang dikenal dengan feminismenya,pada masa lalu dianggap sebagai seorang yang hina. Feminisme berasal dari kata femina, kombinasi dari dua kata yaitu fe dan mina. Fe artinya iman dan mina atau minus artinya kurang, femina berarti kurangnya iman.
Jadi tidak heran jika pada masa lalu wanita banyak menjadi korban, bahkan pada lembaga formal, seperti inkuisisi Kristen di Barat. Karena konsep dasar tersebut meletakkan peran sosial wanita secara sekunder setelah laki-laki.
Konsepsi yang diskriminatif tersebut merendahkan martabat perempuan dan menghasilkan ketidak adilan terhadap perempuan. Berawal dari perbedaan jenis kelamin bergeser dan meluas menjadi pembedaan peran sosial.
Seperti halnya di Barat, di Indonesia pada masa lampau, dalam bidang sosial wanita merupakan kelompok termarginalkan, golongan kedua setelah pria. Di Indonesia dikenal istilah emansipasi wanita, sebuah gerakan sosial kaum permpuan untuk lepas dari kekangan pria dan disamakan kedudukan serta haknya dalam bidang sosial.
R.A Kartini salah satu tokoh yang dikenal sebagai pejuang emansipasi wanita.  Gerakan emansipasi wanita telah berjasa besar dalam menghantarkan kaum wanita Indonesia menuju mimbar kehormatan dan keadilan. Realita ditengah-tengah kehidupan modern ini,  wanita tidak lagi dipandang sebelah mata, lebih dihargai dan dihormati. Dan saat ini, tak dapat dinapikkan telahbanyak kaum wanita dalam meniti karier, pendidikan bahkan jabatan melebihi kaum pria,  karena memang sudah menjadi tuntutan zaman.
Namun konsep emansipasi ada batasnya, karena memang pada dasarnya pria dan wanita itu berbeda. Poin utama dari emansipasi wanita ini adalah tidak merasa dibatasiuntuk melakukan kegiatan-kegiatan yang masih dalam batas kodrat kewanitaanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar